Pengertian Keputusan
Salah
satu aspek dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah keputusan
itu sendiri. Keputusan merupakan suatu pilihan dari berbagai macam
alternatif yang diambil berdasarkan kriteria dan alasan yang
rasional. Proses pengambilan keputusan sering disebut juga sebagai
penyelesaian suatu masalah. Vercellis (2009: 24) menggambarkan proses
pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah dengan diagram
alir berikut ini.
Gambar 1 : Diagram Alir Proses Pengambilan Keputusan (Vercellis, 2009: 24)
Berdasarkan
diagram tersebut dapat dijelaskan bahwa suatu keputusan diambil
berdasarkan alternatif yang ada dengan berpatokan pada kriteria yang
telah ditentukan.
Pengertian Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Sistem
Pendukung Keputusan (SPK) merupakan aplikasi interaktif berbasis
komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu
proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah. Hal yang
harus ditekankan adalah SPK bukanlah suatu sistem untuk mengambil
keputusan secara langsung, akan tetapi
sebagai pendukung pemegang keputusan dalam proses pengambilan keputusan.
Vercellis (2009: 36) menyebutkan bahwa ada tiga aspek utama dalam SPK
yaitu data, model matematis dan antarmuka pengguna.
Aspek
pertama yaitu data. Data yang digunakan dalam SPK adalah data yang
diambil dari data warehouse pada organisasi tersebut. Terkadang data
yang dipakai berupa data mart, yakni data dari data warehouse yang telah
dikategorikan berdasarkan kebutuhan organisasi. Hal tersebut secara
tidak langsung menegaskan bahwa data warehouse merupakan fondasi dalam
SPK.
Gambar 2 : Struktur Utama SPK (Vercellis, 2009: 36)
Aspek kedua yaitu model matematis, merupakan bagian untuk
menganalisis data yang berada di data warehouse. Model matematis ini
dapat berupa analisis statistika yang biasa digunakan dalam mengolah
data. Model matematis ini berfungsi untuk merubah data menjadi informasi
dan knowledge yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Aspek
ketiga adalah antarmuka pengguna (user interface). Aspek ini merupakan
aspek yang secara langsung dilihat dan berinteraksi dengan end user atau
dalam hal ini pemegang keputusan. Data yang ditampilkan harus
memberikan informasi yang valid, reliable, dan dapat mendukung untuk
pengambilang keputusan. Agar dapat memudahkan dalam pengambilan
keputusan, data yang ditampilkan biasanya menggunakan berbagai jenis
grafik, animasi, atau peta yang berguna untuk melengkapi data yang ada.
Jenis-Jenis SPK
Untuk
memahami lebih komperhensif mengenai suatu masalah, akan semakin
mudah jika masalah terserbut dikategorikan berdasarkan beberapa
kriteria. SPK dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa jenis
kriteria yaitu berdasarkan hubungannnya dengan pengguna, berdasarkan
cakupannya, berdasarkan tujuan, berdasarkan jenis pengguna,
berdasarkan komponen yang dominan dan pengendali pendukung keputusan,
serta masih banyak lagi.
Dalam
pembahasan ini akan dibahas sekilas mengenai jenis SPK berdasarkan
teknologi dominan yang digunakan untuk menyediakan dan memfasilitasi
dukungan pengambilan keputusan. Power (Mora, 2002: 23) mengemukakan
bahwa ada lima kategori SPK berdasarkan hal tersebut yaitu : communication-driven, data-driven, document-driven, knowledge-driven, dan model-driven.
Sumber dan Referensi :
No comments:
Post a Comment